from: pexel.com |
Karakteristik jasa dan implikasinya terhadap pemasaran ada empat yaitu:
- Tidak berwujud
Jasa adalah hal yang tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, dicium, atau menggunakan indra lainnya sebelum jasa itu dibeli. Hal inilah yang membedakan antara jasa dengan hasil produksi berupa barang dari perusahaan. Oleh sebab itu, tugas perusahaan adalah memberikan pelayanan atau jasa yang nyata dalam satu atau lebih cara dan mengirim isyarat yang tetap mengenai kualitas perusahaan.
Implikasinya jasa bisa disimpan, jasa tidak bisa selalu dipamerkan atau dikomunikasikan
- Tidak terpisahkan
Jasa tidak dapat dipisahkan dari penyedia pelayanan, baik dari orang-orang maupun mesin. Jika seorang karyawan memberikan jasa atau pelayanan, maka karyawan menjadi bagian dalam proses pelayanan tersebut karena konsumen ini juga hadir pada saat jasa diberikan. Jasa diberikan dan dikonsumsi secara bersamaan. Berbeda dengan barang yang diproduksi, yang disimpan dalam persediaan, didistribusikan lewat berbagai penjualan, dan baru kemudian dapat dikonsumsi.
Implikasinya yaitu konsumen saling mempengaruhi
- Bervaariasi
Jasa mempunyai banyak variasi karena jasa bergantung pada siapa yang menyediakan dan kapan hal itu terjadi serta dimana jasa itu dilakukan. Contohnya jasa yang ditawarkan oleh suatu hotel. Walaupun tiap hotel memiliki standar sama, tetapi jasa atau pelayanan yang diberikan akan bervariasi atau bermacam-macam. Hal ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan bervariasi tergantung dengan pemikiran dan tenaga yang dimilikinya saat melayani konsumennya.
- Dapat musnah
Suatu jasa tidak bisa disimpan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak tahan lamanya jasa tidak jadi masalah bila permintaan tetap. Tetapi jika permintaan akan jasa tersebut berfluktuasi, maka perusahaan jasa ini dapat menghadapi masalah
Implikasinya yaitu jasa tidak dapat ditukar, dijual dan disimpan.
Sumber:
https://lms.stiem-bongaya.ac.id/course/info.php?id=696
https://www.akuntansilengkap.com/pemasaran/pengertian-karakteristik-serta-strategi-pemasaran-jasa//
No comments:
Post a Comment