Search This Blog

Friday 14 January 2022

Unsur Dalam Bauran Pemasaran


promosi
from: pexel.com


Peran manajer pemasaran di perusahaan terkait dengan level manajemen, yaitu level korporat, level strategic business unit, dan level operasional. Perusahaan yang ingin sukses perlu fokus pada pemasaran. Filosofi seperti itu disebut filosofi pemasaran. Mengutamakan kepuasan pelanggan melalui koordinasi dan integrasi antara bagian pemasaran dan bidang kegiatan lainnya sangat membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Kegiatan pemasaran perlu dikoordinasikan dengan faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kendali perusahaan. Itu berarti perusahaan perlu mengarahkan lebih banyak karyawan ke kampanye pemasaran yang efisien dan tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk tersebut aman sebelum dipasarkan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, keputusan produk digabungkan dengan keputusan yang terkait dengan bauran pemasaran.

Bauran pemasaran (marketing mix) adalah sejumlah variabel terkendali yang harus dikelola untuk mencapai kepuasan pelanggan dan tujuan organisasi (Peter & Donnelly, Jr, 2007). 

Unsur-unsur dalam bauran pemasaran adalah:

1. Produk

Alat yang terutama dirancang untuk membuat keputusan berdasarkan kebutuhan klien potensial.

2. Harga

Alat yang terutama digunakan untuk menentukan jumlah dan cara pembayaran barang atau jasa.

3. Lokasi

Alat untuk menentukan intensitas dan sejauh mana barang atau jasa dapat disediakan.

4. Promosi

Alat untuk memberi tahu calon pelanggan tentang produk yang ditawarkan serta harga dan distribusinya.


Bauran pemasaran ini dapat digunakan untuk menggambarkan dua aktivitas seperti penetapan harga atau alat pemasaran. Ketika seorang pemasar mencoba menentukan bauran pemasaran terbaik untuk produknya, ia menemukan banyak alternatif. Cara terbaik untuk mengurangi jumlah pilihan adalah dengan mengembangkan prioritas strategis. Dengan kata lain, perumusan strategi pemasaran dilakukan dalam jangkauan bauran pemasaran yang optimal.


daftar pustaka:

Dharmamesta, Batu Swastha. 2019. Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

No comments:

Post a Comment

Oligopoli dan Strategi Harga

image: pexel.com Di beberapa sektor usaha industri manufaktur, perkebunan, perikanan, dan perkembangan, serta perdagangan bebas, dijumpai ...