Search This Blog

Wednesday 2 March 2022

Oligopoli dan Strategi Harga


strategi harga
image: pexel.com


Di beberapa sektor usaha industri manufaktur, perkebunan, perikanan, dan perkembangan, serta perdagangan bebas, dijumpai beberapa perusahaan besar dominan.

A. SOLUSI KONDISI TANPA KOLUSI

1. Karakteritik dan Perilaku Harga dan Output

Industri oligopoli adalah bentuk organisasi pasar dimana hanya ada beberapa atau sejumlah kecil produsen saja,sementara terdapat banyak sekali konsumen. Pada dasarnya bentuk industri oligopoli dibedakan menjai dua. Yang pertama adalah oligopoli dengan diferensiasi produk di mana produk sebuah perusahaan dibedakan dari produk perusahaan lain. Bentuk oligopoli kedua adalah industri oligopoli tanpa diferensiasi produk. Di sini produknya homogen dan tak dibedakan antara produk perusahaan yang satu dengan produk perusahaan lain. Situasi oligopoli timbul karena skala ekonomis, penguasaan bahan mentah, dan pemilikan oleh pemerintah.

Ciri-ciri pasar atau industri oligopolistik:

  •  Hanya terdapat beberapa produsen penjual dalam industri yang bersangkutan dan banyak sekali pebeli atau konsumen.
  • Disini dibedakan dua macam oligopoli, yaitu oligopoli dengan diferensiasi produk dan oligopoli tanpa diferensiasi produk.
  • Terdapat halangan masuk kedalam industri hingga hanya ada sejumlah kecil produsen dalam industri tersebut.
  • Terdapat beberapa perusahaan dominan yang menunjukan skala ekonomis.

2. Unsur yang Menimbulkan Oligopoli

a.       Dorongan mengadakan merger atau penggabungan dengan perusahaan lain.

b.      Saling ketergantungan diantara mereka.

3. Perilaku Penentuan Harga dan Output

Harga output pada pasar oligopoli cenderung tegar atau sukar berubah dan tidak fleksibel. Sementara, bila harga output berubah maka perubahan akan dilakukan bersama-sama oleh semua perusahaan. Hal ini memberi petunjuk adanya kolusi di antara perusahaan-perusahaan tersebut. Namun demikian, ketergantugan harga dalam pasar oligopoli juga terjadi meskipun di situ tak ada kolusi.

 

 

B. SOUSI KONDISI KOLUSI

Terdapat dorongan kuat bagi perusahaan-perusahaan oligopolis untuk mengadakan kolusi karena meraka saling tergantung dan tindakan perubahan harga oleh sebuah perusahaan akan memancing reaksi perusahaan-perusahaan lain hingga bia menimbulkan perang harga yang merugikan mereka semua.

1.      Model Kolusi

Keputusan harga dan tingkat output ditetapkan bersama-sama.

2.      Kartel dan Pembagian pasar

Kartel merupakan kolusi perusahaan-perusahaan oligopolis untuk mengontrol harga serta kuantitas yang diproduksi dalam produksi demi kepentingan perusahaan anggota. Kartel bisa merupakan kartel harga yaitu dengan menetapkan harga bersama dimana perusahaan-perusahaan anggota tidak diizinkan menjual dibawah harga yang ditetapkan bersama . bentuk kartel lain adalah pembagian pasar atau pembagian kuantitas yang diminta pada harga yang telah ditetapkan dan disepakati bersama. Bisa juga kartel berupa pembagian pasar secara  geografis dimana pasar dibagi kepada masing-masing perusahaan dan mereka hanya boleh daerah pemasaran perusahaan lain.


C. KOLUSI DAN EFESIENSI EKONOMI

1.    Halangan mengadakan kolusi

Halangan-halangan tersebut diantaranya adalah halangan bersifat hukum, terlalu banyak perusahaan yang ada dalam industri oligopoli, dan kecurangan harga.

2.    Persaingan Bukan Harga

Persaingan bukan harga lebih dapat memberikan manfaat karena variasi produk dan perbaikan teknik produksi serta advertensi karena tidak dapat segera ditiru oleh peruahaan-perusahaan pesaing. Faktor kedua yang lebih menekankan pada persaingan bukan harga adalah kenyataan pada umumnya perusahaan-perusahaan oligopolis mempunyai sumber-sumber finansial yang cukup guna menopang kampanye advertensi dan pengembangan produk.

3.    Efisiensi Ekonomi Oligopoli

Karena perusahaan-perusahaan mencoba menghindari persaingan bukan harga maka mereka lebih memusatkan pada persaingan bukan harga. Ini mendorong mereka mengadakan pengembangan teknik produksi serta perbaikan kualitas produk. Akibatnya adalah penurunan biaya per satuan output serta kenaikan permintaan bila disertai dengan advertensi. Terdapat dorongan kuat dalam industri oligopoli untuk memacu kemajuan teknologi.


referensi: pengantar ekonoki mikro, universitas terbuka

No comments:

Post a Comment

Oligopoli dan Strategi Harga

image: pexel.com Di beberapa sektor usaha industri manufaktur, perkebunan, perikanan, dan perkembangan, serta perdagangan bebas, dijumpai ...